Selasa, 19 November 2019

Limbah Komputer



PENGOLAHAN LIMBAH eWASTE di INDONESIA

Limbah Elektronik dapat didefinisikan sebagai semua komputer bekas, perangkat hiburan elektronik, handphone, dan barang lainnya sepertitelevisi dan kulkas, yang dijual, disumbangkan, atau dibuang oleh pemilik aslinya. Definisi ini mencakup alat elektronik yang digunakan yang dimaks udkan untuk digunakan kembali, dijual kembali, penyelamatan, daur ulang, atau pembuangan.

Image result for limbah komputer

Pengelolaan e-waste ini adalah merupakan suatu bentuk pengelolaan dimana pihak produser tidak hanya memikirkan sektor produksi barang-barang elektroniknya saja, tetapi juga punya perhatian terhadap limbah dan barang-barang bekas yang tidak bisa dipakai lagi. Karena bagaimanapun, pihak produser pasti akan memahami dan mengenal dengan baik barang barang yang diproduksinya, sehingga akan memudahkan pengelolaannya.

Dianggap mudah untuk menyingkirkan limbah adalah landfill. Dikarenakan belum adanya peraturan yang jelas dan spesifik mengenai ewaste ini, landfilling masih menjadi salah satu pilihan bagi pengelolaan e-waste. Apabila sistem landfilling ini tidak di rencanakan dengan baik, hal ini dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan. Oleh karena itu, pemilahan menjadi penting sebelum dilakukan landfilling.

SOLUSI LIMBAH KOMPUTER

Solusi yang saya berikan untuk limbah komputer yang ada di lingkungan sekitar kita, yaitu dengan cara mengolah kemudian menjadikan sebuah kerajian tangan yang bernilai jual tinggi, agar tidak dapat menumpuk menjadi sampah yang tak terpakai. Atau kita membuat sekelompok kecil yang di dalamnya memiliki orang-orang kreatif untuk mengolah limbah kompter tesebut, dan ini akan dapat memperkecil tingkat pengangguran yang ada di suatu daerah dan juga akan menambah pendapatan pada masyarakat.

Berikut adalah contoh kerajinan yang dibuat dari limbah komputer :
Image result for kerajinan limbah komputer


Image result for kerajinan limbah komputer


Terimaksih Telah Membaca Cerita Saya

Jika ada saran untuk penulis Kedepannya silahkan tinggalkan di kolom komentar yang ada di bawah .


SUMBER :
 1. https://leeyonardoisme.wordpress.com/2015/05/06/sampah-elektronik-e-waste-di-indonesia/
2https://au9usta.wordpress.com/2013/01/22/pengolahan-limbah-ewaste-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar